Profil

Nama organisasi kami adalah Wana Lestari yang terdiri dari Kelompok Tani Hutan dan Kelompok Wanita Tani. Organisasi ini terbentuk sejak tanggal 15 September 2016. Kegiatan yang dilakukan adalah mengelola hutan dan menjaga hutan agar tetap lestari dan mengolah hasil hutan agar mendapatkan keuntungan lebih. Organisasi ini berada di Desa Dara Kunci. Berikut kami ceritakan sedikit tentang Desa Dara Kunci.

Desa Dara Kunci memiliki wilayah seluas 3.007,72 Ha. Terletak di Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur-NTB. Desa Dara Kunci terbagi dalam 7 ( Tujuh ) wilayah Dusun dengan status definitif, yaitu:

  • Dusun Sandongan
  • Dusun Sandongan Barat
  • Dusun Dara Kunci
  • Dusun Menanga Reak
  • Dusun Menanga Reak Timur
  • Dusun Koloh Sepang
  • Dusun Batu Sela

Berdasarkan topografi, Desa Dara Kunci berada di wilayah dataran sedang dengan ketinggian 24 M di atas permukaan laut sehingga berkarakteristik wilayah perbukitan dengan kepemilikan lahan sebagian besar areal hutan dan areal pertanian, oleh karena itu Desa Dara Kunci berkategori Desa Agraris, dengan sumber pengairan dari Sungai Belanting dan air tanah.

  • Ketinggian tanah dari permukaan laut :  24 M
  • Banyaknya curah hujan :  131,6 mm / th
  • Topografi :  Dataran Sedang
  • Suhu udara rata-rata :  34º C

Sedangkan dari data demografi, tercatat bahwa jumlah penduduk Desa Dara Kunci  sebanyak 2.963 jiwa dengan jumlah Kepala Keluarga ( KK ) sebanyak 931 KK (per 30 Juni 2017).

Dulu, sekitar tahun 1815 datang penjajah Belanda menguasai wilayah daratan Lombok Utara, dan mencaplok seluruh wilayah Bayan termasuk wilayah Dara Kunci. Menurut pitutur sesepuh adat bahwa wilayah Dara Kunci memiliki potensi yang cocok untuk pengembangan perkebunan, sehingga Belanda berhasil mengembangkan wilayah Dara Kunci menjadi daerah perkebunan dengan jenis kelapa sehingga terkenal sebagai penghasil kopra dengan kwalitas baik yang hasilnya dikirim ke Negera Belanda. Karena  masyarakat setempat tidak mau dipekerjakan secara paksa, akhirnya mereka meninggalkan kampung halaman mereka dan penduduk pribumi Dara Kunci nyaris tidak ada.

Setelah terbentuknya Pemerintahan Desa Belanting pada zaman kemerdekaan maka wilayah Dara Kunci masuk menjadi bagian dari wilayah Desa Belanting, dan wilayah Dara Kunci hampir tidak berpenghuni. Oleh karena itu sejak tahun 1967 wilayah Dara Kunci ditetapkan oleh Pemerintah sebagai wilayah transmigrasi lokal, sehingga seluruh wilayah Dara Kunci dihuni oleh penduduk transmigran yang berasal dari Pringgabaya, Pohgading, Rempung dan beberapa wilayah Kabupaten Lombok Tengah, sehingga wilayah pemerintahan Dara Kunci dibentuk menjadi 2 (Dua) wilayah Dusun, yaitu:

  1. Dusun Sandongan
  2. Dusun Menanga Reak

Kemudian setelah dibukanya keran pemekaran desa oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Timur pada tahun 2010, masyarakat Dara Kunci sepakat untuk melakukan pemekaran Desa dan bermaksud untuk memiliki Pemerintahan Desa sendiri dengan tujuan meningkatkan perkembangan Desa melalui peningkatan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan secara lebih berdaya guna dan berhasil guna. Sehingga atas dasar perkembangan aspirasi masyarakat Dara Kunci tersebut maka pada bulan November 2010 rencana pemekaran Desa Dara Kunci berhasil di setujui oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, yang disahkan pembentukannya dengan Peraturan Bupati Lombok Timur Nomor : 10 Tahun 2010, dan Desa Dara Kunci diresmikan pada tanggal 17 Desember 2010.

Dalam perkembangannya Desa Dara Kunci telah berhasil melakukan pemekaran Wilayah Dusun, yaitu dari 2 (Dua) Dusun menjadi 7 ( Tujuh ) Dusun (yang disebutkan diatas), yang telah ditetapkan oleh Bupati Lombok Timur dengan Surat Keputusan Nomor: 188.45/789/PMPD/2011 tanggal 15 Nopember 2011.

Selanjutnya penting untuk mencantumkan Daftar Keorganisasian kami:

Kelompok Tani Hutan

 

No Nama Anggota Jabatan
1 Jumahir Ketua
2 Lalu Iskandar Sekertaris
3 Ramdan Bendahara
4 Ramdan Anggota
5 Maskur Anggota
6 Ba’as Anggota
7 Inak Awit Anggota
8 Amak Salim Anggota
9 Amak yuyun Anggota
10 Amak Tima Anggota
11 Sarip Anggota
12 Abdul Manan Anggota
13 Asbi Anggota
14 Junaidi Anggota

Kelompok Wanita Tani

No Nama Anggota Jabatan
1 Baiq Rohani Ketua
2 Inaq Juni Sekertaris 1
3 Ridhoyyah Diana ismi Sekertaris 2
4 Zakiah Bendahara
5 Vera dan Muliati Bidang Usaha dan Pemasaran
6 Jami’ah dan Jumanim Bidang Pertanian
7 Siti Hadijah dan Rini Laelani Bidang Agama
8 Muliati Sapita dan Mira Purwati Bidang Pemberdayaan

Comments are closed